Persyaratan Media Tanam Hidroponik

Persyaratan Media Tanam Hidroponik – Melalui artikel ini kami akan menjelaskan dengan singkat tentang ilmu pertanian yang membahas mengenai  persyaratan media tanam hidroponik sebagai berikut.

Persyaratan Media Tanam Hidroponik

Persyaratan Media Tanam Hidroponik

1. Media tanam

Berikut adalah beberapa media tanam yang bagus untuk difungsikan sebagai tanaman hidroponik antara lain sebagai berikut :

  • Media tanam berupa sekam bakar

Sekam merupakan pemisahan antara kulit padi dengan bijinya yang mana jika dibakar maka akan menghasilkan sekam bakar. Sekam bakar dapat menjadi media hidroponik yang bagus karena sekam bakar mampu memenuhi persyaratan yang telah disebutkan untuk hal ini. Di samping itu sekam bakar mempunyai bobot ringan sehingga akar tanaman dapat tumbuh lebih bebas. Sekam bakar juga bebas hama dan penyakit karena sudah melewati proses pembakaran.

  • Rockwool

Yang dimaksud dengan rockwool merupakan sekumpulan serap yang jika dikumpulkan akan membentuk gumpalan busa. Media ini terbuat dari lelehan bebatuan gunung berapi yang bagus dimanfaatkan sebagai media tanam yang ramah lingkungan sehingga pas digunakan untuk menanam sayur.

  • Sabut Kelapa

Bahan – bahan yang diperoleh adalah dari buah kelapa yang mempunyai kemampuan menyimpan air dengan baik, di samping itu sabut kelapa juga banyak mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman seperti magnesium, fosfor, kalsium, kalium dan natrium

  • Batu Kerikil

Batu kerikil dapat dimanfaatkan sebagai media tanam hidroponik karena bebatuan kerikil mempunyai pori – pori yang berukuran besar sehingga mampu membentuk sistem drainase yang baik.

  • Spons

Media tanam untuk metode hidroponik yang bagus selanjutnya dengan menggunakan spons karena mampu menyerap air dengan sangat baik.

2. Air

Media tanam menjadi penopang tanaman yang kokoh harus menyimpan sifat penghantar cairan yang sempurna dengan tujuan memudahkan asupan nutrisi tanaman hidroponik. Dalam hal ini air menjadi hal penting untuk tanaman khususnya dengan mengaplikasikan metode hidroponik karena fungsinya mendukung pertumbuhan tanaman bersangkutan. Adapun kualitas tanaman dan hasil panen tanaman hidroponik sangat bergantung pada air.

3. Unsur Hara

Nutrisi yang mencukupi perlu didapat untuk tanaman hidroponik agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Syarat media tanam haruslah tersedia unsur hara baik itu unsur hara makro maupun mikro. Agar terpenuhi maka haruslah media tanam dimanfaatkan guna menyimpan unsur – unsur hara yang akan diberikan untuk tanaman. Disarankan untuk memberikan larutan unsur hara terhadap tanaman hidroponik secara teratur.

4. Oksigen

Hindari suatu kondisi dimana kadar oksigen pada tanaman hidroponik rendah, karena akan menyebabkan dinding sel sulit untuk ditembus. Hal ini menyebabkan terjadinya kondisi buruk bagi tanaman hidroponik dimana tanaman akan menjadi layu lalu kekurangan air yang membuatnya semakin beresiko untuk mati.

5. Hindari kandungan garam laut yang berlebihan

Ketika anda memilih untuk menanam dengan menggunakan metode hidroponik maka tidak boleh ada kandungan garam laut karena bisa menyebabkan tanaman tidak akan berkembang dengan baik dan akhirnya mati.

6. Mempunyai pH yang netral

Media tanam yang bagus bagi tanaman dengan metode hidroponik adalah media tanam yang mempunyai derajat keasaman tanah netral hingga alkalis. pH yang memenuhi standar dalam hal ini adalah penanaman hidroponik sekitar 6 s/d 7.

Demikian kami menjelaskan tentang persyaratan media tanam hidroponik yang ditujukan bagi petani pemula semoga dapat memahami melalui artikel ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *