Oleh oleh Khas Makassar yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Makassar disebut-sebut sebagai kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Bahkan pada masa lalu sempat menjadi ibukota Negara Indonesia Timur. Jika Kamu berkunjung kesana sekedar untuk mengisi liburan, Jangan sampai melewatkan oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga, sahabat ataupun rekan kerja.

Selain terkenal karena indahnya Pantai Losari, Makassar pun memiliki aneka macam oleh-oleh khas seperti kota wisata lain. Mulai dari souvenir khas Makassar, pernak pernik khas Makassar, makanan ringan seperti keripik khas Makassar, cinderamata khas Makassar hingga jajanan khas Makassar.

Oleh oleh Khas Makassar yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Selengkapnya, simak ulasan berikut sebagai rekomendasi oleh-oleh yang wajib Kamu bawa dari Kota Makassar :

  • OTAK-OTAK IKAN TENGIRI

Oleh-oleh khas Makassar yang pertama, Kamu bisa cicipi nikmatnya otak-otak ikan tenggiri yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar. Namun, saat akan dibawa pulang dengan jarak tempuh cukup jauh sebaiknya memesan terlebih dahulu otak-otak yang masih fresh supaya lebih tahan lama.

  • KAIN TENUN DAN SARUNG KHAS BUGIS

Oleh-oleh khas Makassar ke dua ini sangatlah terkenal khususnya di kalangan orang-orang yang selalu berburu kain khas kota wisata. Kain tenun dan sarung khas Bugis memiliki corak yang unik dan menarik. Bahan kain pun berbeda-beda mulai dari katun hingga sutera.

Harga yang ditawarkan sangat variatif, mulai dari 20 ribuan hingga ratusan ribu rupiah setiap lembarnya.

  • KUE BANNANG-BANNANG

Nama makanan yang satu ini tentu asing di telinga kalian yang belum pernah datang atau mencicipi oleh-oleh khas Makassar ini.

Nama Bannang-banang bisa diartikan sebagai benang-benang dimana bentuk jajanannya menyerupai benang kusut yang dilipat-lipat. Rasanya yang manis memberi lambang ikatan yang erat dan sering dipakai untuk upacara pernikahan di Kota Makassar.

  • BARUASA

Jika Kamu cari oleh-oleh khas Makassar murah meriah, salah satu alternatifnya yaitu Barusa. Apa itu Barusa? sebuah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, telur dan kelapa parut kering. Baruasa merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang banyak dijumpai di banyak sudut kota Makassar. Jangan sampai kamu lewatkan untuk membawa Baruasa ke kampung halamanmu.

  • KUE KURMA

Kenapa dinamakan kue kurma? mungkin hal ini disebabkan makanan yang satu ini terbuat dari telur, mentega, tepung terigu dan maizena kemudian dibalut dengan caramel, sehingga membuat kue ini menyerupai kue kurma Memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih karena diberi balutan potongan kacang membuat Kue Kurma banyak diburu para wisatawan untuk buah tangan di kampung mereka.

  • KACANG SEMBUNYI

Unik ya namanya? Ya, kacang sembunyi ini merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari kacang tanah yang luarnya dibalut tepung dan memiliki rasa gurih. Cemilan yang satu ini cocok dikonsumsi saat sedang santai atau sekedar berjemur di pinggir pantai. Kamu bisa temukan camilan yang satu ini di pusat oleh-oleh Makassar atau pasar-pasar tradisional.

  • KOPI TORAJA

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Makassar tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Meskipun kamu bukan penggemar kopi tidak ada salahnya sekedar membawa buah tangan berupa kopi untuk keluarga tercinta ataupun rekan kerja. Perlu Kamu tahu bahwa Kopi Toraja ini memiliki citarasa khas Makassar yang tidak ditemukan dari kopi biasa pada umumnya. Ada 3 jenis pilihan seperti Arabica, Robusta, dan Special Blend.

  • SIRUP DHT

Sirup DHT bukan sirup biasa pada umumnya. Oleh-oleh Khas Makassar ini menjadi andalan Kota Makassar yang dibuat dengan rasa pisang ambon. Rasanya sih mirip sirup tjampolay khasnya Cirebon, namun ada sedikit perbedaan yang memberikan kekhasan dari Sirup DHT ini. Perlu Kamu tahu bahwa produk dari sirup ini tidak pernah berubah kemasannya sejak zaman dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *