Keindahan Alam dari Air Terjun Telaga Warna

Nampaknya Kabupaten Malang mulai bersolek dengan memanfaatkan sumber objek wisata alam, tak terkecuali air terjunnya. Dari sekian banyak sumber wisata alam di Kabupaten Malang, Coban Telaga Warna jadi salah satu objek wisata yang harus anda kunjungi. Saat anda berkunjung ke Malang, air terjun satu ini jangan sampai luput dalam daftar perjalanan anda.

Coban Telaga Warna masih terbilang asri karena dibuka sebagai tempat wisata baru sekitar awal tahun 2016. Selain sebutan Telaga Warna, coban ini juga banyak dikenal dengan nama Coban Panca Warna. Dari penamaan tersebut pasti ada maksud. Paling tidak penamaan tempat itu sebagai wujud representasi dari tempatnya. Panca berarti lima, jika dikaitkan menjadi air terjun lima warna.

Coban Telaga Warna

Konon penamaan Telaga Warna berasal dari pengalaman warga sekitar. Saat itu warga sekitar melihat kolam yang berada di bawah air terjun. Warna yang mereka lihat ialah hijau matang, hijau toska, dan putih bening. Hal itu bisa terjadi karena ada perbedaan kedalaman air persis di bawah air terjun. Air di bawah air terjun ini membentuk kolam kecil yang elok saat terlihat banyak warna. Fenomena warna ini dapat dinikmati saat matahari tepat berada di atas, atau sekitar pukul 11 siang ke atas. Ada jasa travel surabaya malang yang dapat Anda pesan untuk bepergian kesini.

Lokasi Coban Telaga Warna

Secara administratif Coban Telaga Warna terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Jika anda dari Kota Malang waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih dua jam. Karena letak coban ini berada di pelosok. Ibarat berlian, bukankah berlian yang bagus selalu yang paling sulit diambil? Dan mungkin karena letak Coban Telaga Warna yang cukup susah dijamah oleh manusia, menjadikan air terjun tersebut cukup terjaga keasriannya.

Saat ini sudah terpasang cukup banyak petunjuk arah yang mengarahkan ke Coban Telaga Warna. Sesampainya di parkiran, pengunjung harus trekking dulu sependek 100 m. Dan trekking tersebut melewati perkebunan salak milik penduduk sekitar. Saat trekking sudah ada fasilitas anak tangga dari bambu dan kayu yang menambah kesan keasrian tempat ini.

Aktifitas di Coban Telaga Warna

Tepat di bawah air terjun dengan tingkat kemiringan 90⁰ ada genangan air yang menyerupai kolam. Seperti yang sudah dibahas di awal tulisan, kolam ini mempunyai beberapa warna karena pengaruh tingkat kedalaman yang berbeda. Selain itu, pengaruh percikan air dan bias cahaya matahari turut membantu pewarnaan air tersebut. Karena warna air kolam dan tebing-tebing nan unik itu pengunjung dapat berfoto. Spot yang tersedia cukup bagus karena tidak banyak perubahan yang dilakukan.

Selain berfoto dengan latar belakang air, pengunjung juga dapat menikmati air kolam dengan cara menceburkan diri. Dasar air berupa tanah dan tidak terlalu dalam membuat pengunjung aman untuk bermain air. Belum lagi bebatuan yang sudah tertata alami disekitar air terjun yang membuat suasana bermain air di alam lebih terasa. Satu lagi bagi anda yang tertarik dengan jump cliff dapat mencobanya dengan memanfaatkan tebing ketinggian tujuh meter di sekitar kolam alami.

Saat berangkat dan pulang pengunjung dapat menikmati aktivitas trekking tipis-tipis. Menyusuri jalan setapak anak tangga dan dibarengi bentang jurang.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata alam Coban Telaga Warna tidak dikenai tarif berupa tiket. Alias gratis. Bagi pengunjung hanya dikenai biaya parkir kendaraan. Biaya parkir tersebut beragam, untuk kendaraan roda dua sebesar 2.000 rupiah dan 5.000 rupiah untuk roda empat. Cukup murah bukan?

Bagi kalian yang suka suasana petualangan, saya rasa cocok untuk mengunjungi Coban Telaga Warna. Dan sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik lainnya di Malang Raya. Terdapat berbagai paket layanan tour wisata untuk daerah Malang dan Batu, selain itu Nahwa Travel juga menyediakan layanan travel surabaya malang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *