Cara Mudah Mempromosikan Bisnis Toko Online yang Baru Dimulai

Terdapat banyak hal yang harus Anda lakukan dalam menyiapkan toko online Anda pada hari pembukaannya. Mulai dari website (Anda dapat memanfaatkan perusahaan jasa pembuatan website terbaik) yang mobile-friendly hingga mengambil foto dan menulis deskripsi produk, Anda sudah bekerja keras dalam melakukannya. Namun, beberapa hal tersebut bukanlah segalanya.

Sekaranglah saatnya untuk memperkenalkan bisnis Anda ke arahan baru, membangun reputasi yang baik tentang toko Anda, dan mengubah pengunjung website menjadi pelanggan jangka panjang yang berharga.

Toko online Anda siap dan menunggu pesanan, dan tugas Anda adalah keluar dan menemukannya. Ada banyak taktik pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mendorong penjualan dan memenangkan pelanggan baru — dan ini bisa menjadi hal yang rumit jika Anda baru mengenal bisnis e-commerce. Itulah sebabnya kami mempersempitnya menjadi hanya 3 langkah sederhana dan dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda aplikasikan hari ini untuk memulai pemasaran toko online Anda dan mendapatkan pesanan pertama Anda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya:

1. Menginformasikan tentang kehadiran toko online Anda

Sebelum Anda dapat mengubah traffic pada website menjadi pesanan yang baru, Anda harus benar-benar membuat orang mengunjungi toko online Anda. Itu berarti menyebarkan berita tentang toko online Anda dan produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

  • Media sosial
  • Pemasaran melalui mesin pencari (SEM)

Mari kita bicara tentang bagaimana Anda dapat melompat ke masing-masing saluran ini dan memiliki dasar yang kuat untuk menumbuhkan bisnis Anda dari sana.

Mulai di media sosial

Ketika memasarkan toko online Anda di media sosial, ada banyak hal yang harus dilakukan, seperti media sosial apa yang Anda gunakan, apa dan kapan Anda harus memposting dan bagaimana membuat orang secara sukarela untuk memfollow Anda. Untuk menyederhanakan, kami sarankan untuk menggunakan sosial media secara organik (mis. Iklan sosial tidak berbayar) untuk memulai.

Bagi banyak toko online, Instagram dan Pinterest adalah beberapa tempat terbaik untuk mulai bereksperimen. Kedua jaringan diarahkan hampir seluruhnya ke sisi visual, yang berarti foto dan gambar merupakan aspek yang penting. Hal ini adalah bagian dari apa yang membuatnya ideal untuk memasarkan produk secara online. Karena itu, mereka juga memiliki beberapa alat paling efektif untuk mengubah followe dan kiriman Anda menjadi penjualan.

Buat akun untuk toko online Anda di setiap platform media sosial dan mulai posting foto-foto produk Anda, follow pelanggan ideal Anda dan amati jenis konten yang mereka sukai.

Seperti contohnya, apabila Anda menjual jam tangan Casio, Rolex, Daniel Wellington dan sebagainya, maka pasanglah gambar dengan resolusi terbaik serta pencahayaan yang jelas.

Memanfaatkan mesin pencari

Google memiliki jumlah pengguna yang luar biasa, dan banyak transaksi online dimulai saat pencarian Google. Itulah mengapa memanfaatkan basis pengguna Google yang luas harus menjadi salah satu prioritas utama Anda.

Untuk toko online pemula, ada dua langkah penting yang kami sarankan untuk meningkatkan traffic dari mesin pencari ke website toko online Anda:

  • Targetkan halaman produk Anda dengan menggunakan kata kunci
  • Mempelajari tentang kampanye Google Shopping

Bagaimana Anda menyesuaikan halaman produk agar mendapat peringkat untuk pencarian Google yang tepat yang mengarah pada penjualan? Untuk memulainya, gunakan alat Google Keyword Planner untuk meneliti kata-kata dan frasa yang digunakan pelanggan Anda ketika mereka mencari produk seperti milik Anda.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang kata kunci yang tepat untuk ditargetkan, aplikasikan kata kunci tersebut di seluruh deskripsi produk Anda dan metadata untuk setiap halaman.

Sekarang setelah halaman produk Anda dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencarian, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mempelajari kampanye Google Shopping. Ini memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan berbayar kepada pencari Google yang ingin membeli produk seperti milik Anda. Sistem ini ditargetkan secara khusus untuk toko online, tidak memerlukan sebanyak mungkin penelitian kata kunci seperti iklan pencarian berbasis teks dan mereka sangat efektif sejauh konversi berlangsung, sehingga cara ini adalah tempat yang bagus untuk Anda aplikasikan.

2. Membangun kepercayaan toko online Anda di mata pelanggan

Salah satu kendala terbesar yang harus dihadapi oleh toko online baru adalah memiliki tingkat kepercayaan yang baik di mata pelanggan. Salah satu cara mengatasi masalah itu adalah dengan membangun reputasi yang baik.

Sekitar 85% konsumen mengatakan bahwa mereka memercayai ulasan dan testimonial online seperti halnya rekomendasi dari teman. Jadi hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk meyakinkan konsumen bahwa toko online Anda resmi, memiliki produk atau layanan yang berkualitas tinggi, dan pelayanan yang terbaik.

Toko Anda dapat memanfaatkan kedua hal ini sejak awal. Untuk membuat pelanggan meninjau produk Anda, gunakan email atau media sosial untuk meminta ulasan dan menawarkan bonus (seperti diskon 10% untuk pembelian berikutnya) kepada mereka yang melakukannya.

Setelah Anda memiliki beberapa ulasan positif tentang produk Anda, tambahkan ekstensi peringkat bintang ke kampanye Google Shopping Anda.

3. Fokus pada memelihara hubungan dengan pelanggan

Ketika toko online Anda masih baru, fokus Anda adalah mendapatkan pelanggan baru. Pada awalnya, mudah kehilangan pandangan dari satu fakta sederhana: pertumbuhan berkelanjutan toko Anda dan keberhasilan jangka panjang yang bergantung pada seberapa efektif Anda menemukan dan mempertahankan pelanggan. Itulah mengapa sangat penting untuk berfokus pada memelihara hubungan dengan para pelanggan dan meletakkan dasar yang kuat untuk semua upaya pemasaran yang akan Anda luncurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *