Cara Menyambungkan Laptop ke TV Paling Mudah

Cara Menyambungkan Laptop ke TV – Cara menyambungkan laptop ke TV ternyata bukanlah hal yang sulit untuk dapat dilakukan. Walaupun begitu, tetap saja masih ada banyak orang belum berhasil dalam mempraktekannya. Lantas, bagimana sih cara menghubungkan laptop ke TV itu?

Ada banyak begitu alasan mengapa seseorang ingin menyambungkan laptop ke TV. Mungkin salah satu alasannya adalah karena tidak puas ketika menonton film dari laptop yang hanya berukuran 14 inci ke bawah. Maka dari itu dibutuhkan juga layar yang lebih besar supaya menonton film menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Dari perkara di atas, solusi yang tepat yaitu dengan menyambungkan laptop ke TV. Tepat sekali, dengan perkembangan teknologi yang super cepat saat ini. Bukan hal yang mustahil dalam menyambungkan laptop ke TV. Mari kita simak penjelasan ini hingga akhir!

3 Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Ada 3 cara yang bisa Kamu lakukan untuk bisa menyambungkan laptop ke Tv. Kamu boleh memilih yang lebih mudah yang dapat Kamu coba di rumah. Berikut merupakan langkah-langkanya:

1. Menyambungkan Laptop ke TV Menggunakan Kabel VGA

Kabel VGA berfungsi sebagai alternatif pada TV Tabung ataupun jenis televisi generasi yang sudah tua yang biasanya tidak mempunyai kabel VGA.

Biasanya bila Kamu telah menggunakan kabel VGA dan menyambungkannya ke laptop, maka akan secara otomatis terhubung ke TV. Akan tetapi, jika TV masih belum belum dapat menampilkan juga, kemungkinan Kamu harus melakukan pengaturan manual. Berikut langkah-langkahnya.

  • Hidupkan laptop dan TV sebelum menyambungkan.
  • Sambungkan kabel VGA dari laptop ke TV melalui port VGA yang ada pada TV ataupun laptop Kamu.
  • Jika gambar di laptop tidak muncul di TV dengan otomatis. Kamu coba lakukan pengaturan manual dengan cara masuk pada Control Panel > Display > Adjust Resolutionkemudian pastikan Kamu untuk memilih TV pada Display Drop Down Box.

Note: Kabel VGA tidak dapat menyambungkan audio pada TV, namun Kamu dapat menambahkan perangkat audio eksternal untuk kenyamanan ketika menonton.

2. Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, hampir dari sebagian besar TV keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur HDMI.

HDMI yang ada pada TV tersebut ternyata dapat Kamu manfaatkan dalam menghubungkan laptop ke TV. Berikut langkah-langkahnya.

  • Hidupkan laptop dan TV terlebih dahulu sebelum disambungkan.
  • Kemudian sambungkan kabel HDMI dari laptop menuju HDMI yang terdapat pada TV.
  • Lalu pilih Input HDMI pada TV. Biasanya sih dilakukan dengan menekan tombol AV.
  • Setelah itu biasanya sih secara otomatis layar laptop akan langsung ditampilkan di TV. Namun, bila gambar pada laptop tidak muncul di TV dengan otomatis. Kamu boleh melakukan pengaturan manual dengan cara masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution Lalu pastikan Kamu memilih TV pada Display Drop Down Box.

Menyambungkan laptop ke TV dengan memakai kabel HDMI akan memberikan kualitas gambar HD. Selain itu juga, HDMI tidak butuh audio eksternal seperti kabel VGA. Karena suara akan langsung tersambung ke TV.

3. Cara Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

Bila kedua cara di atas diwajibkan menggunakan kabel dalam menghubungkan laptop ke TV, maka akan berbeda dengan cara yang satu ini karena pada point terakhir ini saya akan memberikan infor terkait cara menyambungkan laptop ke TV hanya dengan Wifi atau tanpa menggunakankabel.

Hal terpenting sebelum menggunakan cara ini yaitu Kamu wajib mempunyai Chromecast. Dengan menggunakan Chromecast, Kamu dapat menyambungkan laptop ke TV secara dengan wireles.

Chromecast merupakan perangkat yang diluncurkan oleh Google untuk memungkinkan Kamu supaya dapat menonton video melalui TV. Cara ini dinilai sangat praktis dan modern. Sebelum Kamu menggunakan cara yang satu ini, supaya lebih jelas Kamu boleh simak langkah-langkahnya.

  • Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek. Kabel ini nanti akan dipasang pada port HDMI TV dan dihubungkan pada ujung lainnya ke port USB yang tersedia pada TV. Sudah mengerti kan?
  • Setelah Kamu mengerti, hidupkan TV Bila Chromecast tidak terdeteksi di TV, coba pindahkan ke input yang tepat. Kamu juga dapat memanfaatkan remot untuk bisa memilih input HDMI yang sesuai.
  • Berikutnya Kamu masuk ke halaman Chromecastdan install aplikasi tersebut pada laptop Kamu.
  • Bila sudah terinstall, silahkan Set-up Chromecast dan hubungkan pada jaringan Wifi. Pilih lokasi negara Kamu berada, lalu ikuti panduan yang tertera sampai selesai.
  • Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang muncul ke TV.

Sekarang ini, Chromecast juga telah tersedia dalam bentuk USB dan kabel. Kamu boleh mendapatkannya melalui toko online maupun di toko komputer. Untuk perkara harga lumayan bervariasi, Kamu dapat menyesuaikan dengan budget yang Kamu punya.

Itulah informasi terkait bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV. Kamu dapat menyesuaikan dengan jenis TV yang Kamu gunakan. Kamu boleh memakai VGA, HDMI, atau ingin juga mencoba teknologi Chromecast. Semoga berhasil!

Penulis: Nirvanaharapan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *