Cara Memulai Bisnis Sepatu yang dapat Anda Coba

Sudah menjadi rahasia umum, jika sepatu juga berperan sebagai salah satu bagian mode yang selalu menjadi perhatian banyak orang. Jika Anda tertarik pada dunia sepatu dan memiliki semangat untuk mengembangkannya sebagai sebuah bisnis, maka Anda mungkin tertarik mempelajari cara memulai bisnis sepatu Anda sendiri. Ada beberapa aspek, mulai dari perizinan hingga periklanan yang Anda perlu pertimbangkan. Untuk lebih lengkapnya, verikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memulai bisnis sepatu Anda sendiri.

Memilih jenis sepatu apa yang akan Anda jual

Sepatu merupakan sebuah bisnis dengan pasar yang cukup luas. Oleh karena itu, Anda harus mulai memfokuskan pasar Anda. Misalnya, Anda dapat fokus untuk menjual sepatu pria dan wanita formal, sepatu olahraga atau sepatu anak-anak.

Melisensikan toko produk sepatu Anda

Setelah memilih jenis sepatu apa yang akan Anda jual, maka langkah selanjutnya adalah melisensikan toko produk sepatu Anda. Pastikan untuk memilih nama bisnis yang mengidentifikasinya sebagai toko sepatu Anda. Selama itu bukan nama pribadi Anda, Anda harus mendaftarkan nama bisnis Anda ke Lembaga yang bersangkutan. Anda juga perlu mengajukan pajak bisnis agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Juga, tanyakan pada Lembaga yang bersangkutan di daerah setempat Anda untuk memastikan Anda mengikuti semua peraturan yang ada.

Terakhir, selain lisensi bisnis yang disebutkan sebelumnya dan penambahan nama toko, jika Anda ingin menjual sepatu berlisensi seperti Nike atau Adidas, Anda perlu mengisi aplikasi yang tepat pada website resmi mereka. Jika diterima, Anda dapat menjual sepatu mereka dengan lebih mudah.

Bagaimana cara Anda memilih produk sepatu

Anda perlu menentukan apakah Anda akan memulai bisnis sepatu Anda dari awal atau membeli produk tersebut secara waralaba. Meskipun tidak ada metode yang menjamin kesuksesan secara cepat, membeli secara waralaba memungkinkan Anda untuk membeli merek yang sudah terbukti laku dan menggunakan jaringan serta pemasaran mereka yang sudah terjamin untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Menjalin kerjasama dengan para supplier

Anda perlu bekerjasama dengan pedagang grosir atau distributor untuk mendapatkan stok produk sepatu untuk toko Anda. Jika Anda bukan franchise, ingatlah bahwa Anda akan bersaing dengan beberapa brand besar. Anda dapat mencari melalui portal seperti tokopedia maupun marketplace lainnya untuk menemukan supplier yang Anda butuhkan.

Idealnya, Anda ingin membeli langsung dari produsen. Ini berarti Anda bisa mendapatkan sepatu lebih murah; Namun, itu mungkin berarti bahwa Anda harus mendapatkan jumlah pesanan yang lebih tinggi.

Memilih lokasi toko yang tepat

Memilih lokasi yang tepat untuk toko Anda akan membantu peluang Anda untuk sukses. Pastikan untuk meneliti lokasi yang Anda pilih dengan benar. Idealnya, Anda ingin berada di lokasi yang banyak dilalui oleh para pejalan kaki, seperti mall atau pusat perbelanjaan besar.

Memilh karyawan yang tepat

Karyawan adalah seseorang yang mewakili brand toko sepatu Anda, karena mereka adalah penghbug utama antara pelanggan dengan produk Anda. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang sepatu Anda dan dapat membantu dan memberikan saran pada para pelanggan dengan pilihan sepatu mereka. Anda juga harus mempekerjakan setidaknya cukup banyak orang untuk mengelola kasir dan membersihkan lantai toko Anda.

Mengelola tampilan produk sepatu Anda

Anda bisa menghiasi toko dengan cara yang mewakili brand Anda. Selain itu, Anda ingin memastikan bahwa pelanggan Anda tidak merasa tergesa-gesa atau tidak nyaman ketika mereka berada di toko Anda. Pastikan untuk memasukkan tempat duduk dan cermin yang memadai sehingga mereka dapat dengan mudah mencoba sepatu. Semakin santai pelanggan Anda, semakin lama mereka akan tinggal di toko Anda dan membeli lebih banyak sepatu.

Meyimpan produk dengan benar

Simpan produk sepatu Anda di tempat yang sejuk dan kering. Pastikan menyimpannya dalam kotak aslinya karena ini akan membantu melindungi mereka dari cahaya dan debu. Pertimbangkan mendapatkan asuransi untuk gudang Anda untuk melindungi inventaris Anda tersebut jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Memiliki sebuah website

Website merupakan sebuah media iklan yang bagus untuk bisnis sepatu Anda. Sebuah website dapatĀ  membantu pelanggan untuk membeli produk sepatu Anda melalui smartphone maupun komputer mereka. Jika Anda tidak tahu cara membuat website sendiri, maka Anda dapat berkonsultasi pada perusahaan penyedia jasa pembuatan website yang ada di daerah Anda untuk menemukan website seperti apa yang cocok untuk bisnis sepatur Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *